About

Motivasi Membuatmu Hidup

"Ngapai si aku ngelakuin ini, udahan ahh, capek." Pernahkah Anda mengatakan hal yang demikian?. Seluruh orang di dunia ini pasti pernah. Namun, dengan takaran yang berbeda-beda. Segala sesuatu yang Anda lakukan atau Anda kerjakan, pastilah ada alasan kuat di dalamnya. Namun, kembali lagi dengan takaran yang berbeda.

Nah, pada kesempatan kali ini saya hendak menulis mengenai motivasi. Motivasi untuk jangkauan yang general bukan yang spesifik. Disclaimer! , saya bukan motivator yang bisa membuat Anda dapat bersemangat selalu dalam hidup :'). Namun, saya hanya membagikan sebagian kecil pandangan saya mengenai makna motivasi itu sebenarnya.

Pernahkah Anda membayangkan seberapa tinggi Gunung Everest, gunung tertinggi di dunia. Tinggi sekali bukan?. Pernahkah Anda membayangkan bagaimana Anda mencapai puncak gunung tersebut?. 

                                                                         pixabay.com
 Hanya karangan semata
Ada 3 orang sahabat ingin mendaki gunung tersebut, Rebahna, Sosil Distan, dan Kivod. Rebahna tidak tahu alasan mengapa Ia mendaki gunung tersebut. Namun, Ia hanya ikut-ikutan mendakinnya. Di lain pihak, Sosil Distan mendaki gunung tersebut karena Ia berharap mobil yang akan diberikan ayahnya kepadanya dengan syarat, Ia dapat meraih puncaknya. Di sisi lain, Kivod mendaki karena dia benar-benar ingin mendaki. Ia tidak berharap sesuatu. Ia suka mendaki.
Apa yang terjadi pada mereka?
  • Rebahna yang hanya ikut-ikutan, hanya mampu mendaki tidak sampai 1/4 lintasan gunung tersebut.
  • Sosil Distan yang berharap mobil sebagai imbalannya, hanya mampu mendaki setengah dari lintasan gunung tersebut.
  • Hanya Kivod-lah yang mampu mendaki hingga ke puncak Everest.
"Mengapa hal ini terjadi?". Motivasi, Jawabannya. Motivasi adalah alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu hal.

"Dengan kata lain apa?" Yup, Anda tepat"Alasan". "Yaiyalah bung, masak jawabannya virus". Atau mungkin ada berkata seperti ini:"Jadi reward itu salah ya, konyol". Tentu saja reward tidak salah, tapi tak sepenuhnya benar.

Pada dasarnya motivasi terbagi 2, baca: Klasifikasi Motivasi , yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik sederhananya adalah motivasi yang berasal dari dalam diri Anda sedangkan motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang berasal dari luar diri Anda.
Mari kita garap lebih dalam.
  1. Motivasi Intrinsik. Pernahkah Anda ketagihan belajar pelajaran yang diajarkan di sekolah karena memang Anda suka belajar hal itu?, atau pernahkah Anda ketagihan ujian karena hal itu memang Anda anggap hal yang seru?. Hal ini lucu memang, namun ini nyata. "Mungkin ini bakalan kedengaran aneh, tapi aku sangat suka kalau ujian tiba-tiba mbak",Jawab Najwa Shihab. "Gak kok,gak aneh", balas Maudy Ayunda. Selengkapnya: Catatan Najwa bersama Maudy Ayunda Terbukti bukan?😅. Motivasi intrinsik inilah yang membuat seseorang dapat melakukan sesuatu hal dalam jangka panjang atau mungkin tanpa berhenti walau Negeri Api menyerang. Ia melakukan karena ia suka, Ia menganggap hal itu seru, menarik, dan dengan tujuan yang esensial.
  2. Motivasi Ekstrinsik. Motivasi ini dapat berupa imbalan, reward, penghargaan, jabatan, dan sebagainya. Misalkan, kau disuruh Ibumu membeli minyak di warung. Kamu mau melakukannya karena Ibumu akan memberikan sejumlah uang kepadamu. Masih banyak lagi contohnya. Namun, motivasi ini berjangka pendek.
"Oke aku ngerti, selanjutnya apa,bung?". Ada kasus begini, "Iyasih, aku bisa termotivasi tapi gak nyampe sejam udah bosan, malas ngelakuinnya lagi".Hal ini berarti motivasi Anda masih berasal dari luar, bukan berasal dari diri Anda sendiri. Coba bersahabat dengan diri Anda untuk menemukannya. "Bagaimana caranya, bung?". Saya tidak tahu karena saya sendiri bukan ahli psikologi hehe😄. Namun daripada Anda tidak menyukai artikel saya karena merasa tidak mendapatkan apa-apa, di sini saya akan memberikan semacam kiat-kiat agar Anda dapat termotivasi atau setidaknya dapat membantu Anda dalam meraih tujuan-tujuan kecil Anda.
  • Take your goals. Buat targetmu apa. Apa tujuan kecilmu untuk meraih tujuan besarmu. Saya sudah pernah membahasnya disini.
  • Buat langkah nyata atas tujuanmu tadi. Coba renungkan sejenak, atau tanya kepada kerabat yang sudah pernah meraihnya, jangan lupa catat!
  • Masukkan langkah-langkah tadi ke dalam jadwal harianmu. jika belum membuat jadwal harian, hendaklah membuatnya. Ini sangat membantumu loh :)
  • Ulangi terus-menerus. "Alah bisa karena terbiasa😉"
  • Kelilingi dirimu dengan orang-orang berenergi positif. Saya pernah mendengar quotes intinya begini "Anda adalah refleksi 5 orang terdekat Anda". "Maksudnya apa, bung?". Sederhanya, jika Anda dikelilingi oleh kaum rebahan, ya Anda jadi kaum rebahan. 5 orang terdekatmu tukang mabuk, kamu juga pasti tukang mabuk. Cara sederhanya, kamu bisa memanfaatkan akun sosial media kamu, dengan cara mengikuti akun-akun edukasi, penggalang event, dan sebagainya.
  • Beri Penghargaan. Ya pasti, kita mau sesuatu-kan seperti Sosil Dintan tadi, tapi jangan jadikan ini pedoman. Misalnya nih, kamu sudah belajar 1 jam, bisa dong kamu belikan eskrim pada dirimu sendiri. Jangan ama doi aja (wekwek😂)
  • Cari role model Anda. Apapun, mau aktor, role animasi, apapun yang buat kamu semangat.
  • Tempelin quotes motivasi di tempat yang sering kamu jangkau.


Dari sekian banyak itu, saya ingin mengatakan bahwa motivasi itu sangat penting. Tanpa motivasi mungkin Anda tidak akan pernah membaca ini. Atau, bahkan Anda depresi dan tidak ada di dunia ini.
Kalau capek, itu biasa. Istirahat dulu. Jadi, jangan pernah patah semangat ya!!
Untuk menutup blog ini, berikut salah satu quotes favoritku:



King747 Saya seorang pelajar tingkat menegah atas yang sedang menempuh tingkat akhir (12 SMA). Saya menyukai sastra dan sains.

6 Responses to "Motivasi Membuatmu Hidup"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel