About

Cara Ampuh agar Konsisten Belajar di Tengah Pandemi

Halo Diariers! Apa kabar, Bung?. Semoga sehat selalu ya๐Ÿ’ช

Di tengah pandemi ini, kita mau tak mau harus belajar dari rumah, bukan?. Tapi, pernahkah Bung merasa belajar di rumah tidak se-efektif di sekolah? Atau merasa tidak berisi? ( seperti ember bocor?). Nah, salah satu penyebabnya adalah tidak konsistennya anda dalam belajar.

                                                                        https://pixabay.com/

Konsisten dalam belajar berarti Anda, Bung sekalian, menginvestasikan waktu belajar secara terjadwal. Misalnya nih, hari ini belajarnya pukul 07.00 – 08.00 pm, esok juga begitu, selang waktu serta batas waktu yang sama. Walaupun tidak berada dalam batas yang sama, setidaknya kita bersama wkwk, eh.. maksudnya, setidaknya masih dalam selang waktu yang sama (dari informasi di atas berarti 1 jam). “Tapi, itu susah, Bung, bagaimana caranya?”. Yuk, mari kita bahas.

Ada beberapa trik dan tips yang dapat anda terapkan, Bung!

  • Buat jadwal belajar di luar belajar daring dari sekola, instansi pendidikan lainnya, dan di luar jam PR. Saya sendiri sejak belajar daring setidaknya menginvestasikan 1 jam buat belajar.”Emang kenapa sih?, kan udah banyak PR segudang menumpuh, tuh, buat apa cobak?”. Oke, tenang dulu. Jadi, seperti yang kita ketahui bahwa pembelajaran daring itu merupakan cara yang tidak efektif. Mengapa demikian?. Materi yang diberikan di kelas online tidak CUKUP. Beda dengan kelas biasa dulu, dalam belajar daring tidak terjalinnya keterikatan antara guru dan siswa, sehingga materi tidak tersampaikan dengan baik (itupun kalau fasilitas mumpuni ). Artinya, ada semacam ikatan batin yang menghubungkan pikiran guru dan murid, namun hal ini tidak dapat tercapai untuk saat ini. Belum lagi materi yang diberikan hanya berupa ketikan semata, mau dibawa kemana hubungan.. ini๐Ÿ˜”. Nah, untuk itu ada baiknya kita belajar lagi, belajar hal-hal mana yang masih dianggap kurang mengerti. 

Dokumentasi pribadi
Tiap hari ganti, H-1 senin maka H-1 selanjutnya kamis, dst

  • Rapikan mejamu!. Mejamu sekarang adalah teman yang senantiasa menemanimu. Tiap hari, Anda tidak lagi bersama meja milik sekolah. Artinya, Anda bebas berkreasi atas mejamu sendiri. Yang dulu, didenda mencoret meja memakai tipe-x  sekarang Anda dapat bebas menaruh foto-foto role model kalian bahkan foto ala-ala boyband koraa eh korea :V.✌


Intinya, hal-hal tersebut diharapkan dapat memotivasimu setiap saatnya. Tinggal tatap, semangat lagi.

Yang dulu, dilarang makan di kelas, sekarang Anda bisa ngemil dengan maksud membantu lebih fokus (kan gak laper). Setiap kali ada makanan di meja belajar, kamu secara tak sadar akan terstimulasi untuk mampir meja belajar. Akhirnya, kamu jadi belajar, kan? (semoga ya). Tips dariku: tiap sesi belajar sediakan air minum, Bung. Hal ini akan membantumu tetap fokus.

  • Tonton video edukasi. Tak diragukan lagi, video meruapakan media palaing efektif buat belajar karena menyangkut  tipe belajar sekaligus yaitu audio dan visual. Video pembelajaran banyak yang gratis kok, cocok bagi kita kaum gratis-an

Berikut list channel youtube favoritku bertema "Edukasi Belajar" :

Bembel Smart

Tridaya Online

Insight Chamber

M4th-lab

Video-video pembelajaran akan menuntun Anda untuk tetap fokus belajar. Dibandingkan hanya berupa text book, pilih mana?

Nah, tak hanya itu, sekarang juga ada bimbel online gratis, iya, tanpa dipungut biaya se-peser pun yaitu Zenius. Langsung mampir aja, disini tak hanya diajarkan teori-teori tapi juga pengaplikasiannya dalam hidup sehari-hari, tak sebatas hafalan tapi juga akar konsep yang mendalam.


  • Tempel kata-kata motivasi di depan meja belajar kamu. Ini sangat efektif, bayangkan saja kamu sedang malas-malasnya, begitu lewat meja belajarmu, Bung, kamu yang tadinya mau rebahan akan termotivasi kembali. Tak jauh-jauh dari situ kan ada meja belajar, langsung terjun deh. Cek juga : Motivasi Membuatmu Hidup
Dokumentasi Pribadi

  • Belajar tiap hari dengan teknik Pomodoro. Lebih baik mana, belajar sejam per hari atau belajar 7 jam dalam sehari buat seminggu. Yup, opsi pertama yang betul.Kembali lagi ke topik awal kita, di sini kita akan membuat yang namanya konsistensi dalam belajar. Nah, untuk dapat konsisten dalam belajar akan lebih mudah tercapai bila kita terlebih dahulu membentuk suatu kebiasaan yaitu kebiasaan belajar. Setidaknya, kamu hanya perlu menghabiskan waktumu 10 menit saja (di luar jam tugas) buat belajar. Dengan hal ini, secara tidak sadar kamu akan terbiasa dengan belajar sehingga belajar tidak akan menjadi beban bagi anda sendiri. Seperti halnya, orang yang bangun pukul 4 pagi secara rutin akan mudah untuk bangun pukul 5 pagi, namun tidak, bagi yang tidak terbiasa. Nah, untuk lebih membantu, saya sarankan teknik belajar yang dinamakan teknik Pomodoro yang mungkin, tak asing lagi di telinga kita. Teknik ini hampir sama dengan teknik 30: 5 di blog sebelumnya. Jadi, tunggu apa lagi, yuk!


  • Tidur yang cukup. Semua tips di atas tak akan nada gunanya tanpa hal ini, tidur yang cukup. Bila anda tidak tidur, metabolisme dalam tubuh anda akan terganggu, suplai oksigen ke otak terganggu, akibatnya konsentrasi anda menurun. Alhasil tidak fokus, mudah ambyar, juga mageran. Cek juga : Mengapa kurang tidur membuat kurang fokus?


Nah, sebenarnya inti dari topik di atas adalah konsintensi belajar akan datang dari namanya kebiasaan belajar. Terbiasa tidak akan menjadi beban. Ingat, lebih baik belajar 10 menit saja tiap hari, daripada ngegas 70 menit dalam sehari buat seminggu.

Menurut studi, setidaknya dibutuhkan 21 hari untuk membuat kebiasaan baru (rata-rata 66 hari). Dengan begitu, anda hanya perlu setidaknya 10 menit saja belajar per hari dalam se-bulan. Sehingga, belajar tanpa pengawasan tanpa apapun tak terkecuali tanpa beban. Belajar datang dari dirimu, bukan sekadar suruhan orang lain yang terlalu mengikat Anda.

Untuk mengakhiri blog kali ini, saya mengutip salah satu quote milik Imam Syafii. Beliau berkata, “Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar, maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan”

Oke,Bung sampai di sini dulu. Tetap semangat!

Sampai jumpa kembali, salam Diary!



King747 Saya seorang pelajar tingkat menegah atas yang sedang menempuh tingkat akhir (12 SMA). Saya menyukai sastra dan sains.

2 Responses to " Cara Ampuh agar Konsisten Belajar di Tengah Pandemi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel