About

Pentingnya Disiplin Waktu

Orang Amerika bilang “Time is Money”. Siapa yang tidak mau uang ye ken?. Siapa lagi yang mau menyia-yiakan uang? (Iya, kalau sultan). Orang Arab bilang “Time is Sword” alias waktu adalah pedang. “If you didn’t cut it, it cut you”, yang artinya “Jika kamu tidak memotongnya, dia yang akan memotongmu”. Dih, serem bener, macam ada horror-horornya gitu

pixabay.com


Pernahkah anda bertanya, bagaimana sih mereka bisa melakukan hal itu. Contoh kasarnya begini, si A lebih pintar dibandingkan si B, mengapa demikian?.Juga, Beberapa tahun belakangan ini, massa pernah dikejutkan kehadiran seorang bocah yang menguasai puluhan bahasa.Bocah menguasai puluhan bahasa Pertanyaannya adalah “kok bisa ya”?. “mengapa bocah itu pinter banget sih, Bung?, bisa menguasai banyak bahasa seperti itu?, aku aja masih lelet-lelet nih inggrisnya”. Sama kok saya juga masih belajar. Nah, untuk menjawab pertanyaan itu, jawaban yang tepat yang terutama yang pertama adalah disiplin waktu. Waktu itu ibarat investasi atau modal kita. Kita sebagai pemilik perusahaan menanamkan modal kita pada perusahaan kita. Disini, kita bekerja sendiri, ya artinya bahwa kita pemilik modal, kita juga yang mengelolanya. Balik lagi ye, Tuhan telah mengaruniakan tiap insannya waktu yang sama di bumi yakni 24 jam per hari lamanya, Bung. Tidak ada sedikit, sedetik pun perbedaan. Ini bukan privilege Baca : Makna Privilege dan Perannya dalam Hidup. Dengan modal  (waktu) ini, kita diharapkan dapat menumbuhkan karakteristik-karakteristik hebat seperti teman-teman di atas tadi. "Dengan cara apa, Bung". Dengan cara disiplin memanfaatkan waktu, dan raih output yang diinginkan 😄

Bocah tadi misalnya,  dulunya ia pasti telah banyak menghabiskan waktunya untuk belajar bahasa. Me-manage waktunya dengan baik, dengan begitu dapat menguasai banyak bahasa di umurnya yang masih belia. Kita tidak tahu seberapa besar pengorbanan seseorang dibalik kesuksesannya.

Disamping mengejar passion tadi, disiplin waktu juga penting untuk mengatur pekerjaan/kewajiban Anda, baik sebagai pelajar atau pun pekerja. Kewajiban yang berbeda tentu mempunyai disiplin waktu yang berbeda pula.

Orang pintar bilang, “Waktumu menentukan kesuksesanmu”

Coba baca, sangat menarik. Jika Waktu Bisa Diputar Kembali, Bill Gates hingga Bos Facebook Akan Melakukan Ini

Tidak seperti dunia Harry Potter, bisa kembali ke masa lalu. Orang-orang besar ingin sekali menarik waktu ke belakang, membuat hal baru, berinovasi, tanpa sesekali berkurang produktivitasnya akibat dimakan usia. 

Jadi singkatnya, kita tidak boleh bermain-main dengan waktu atau waktu yang akan mempermainkan kita. Gunakan waktumu sebaik mungkin. Saya juga masih perlu banyak belajar untuk disiplin akan waktu. Kita belajar sama-sama ya. Tidak bisa dipungkiri, begitu banyak godaan di luar sana ayang menarik kita. Itu manusiawi ye. Di sini saya akan mengutarakan apa sih manfaat yang saya dapatkan setelah berdisiplin akan waktu ini?. Saya juga akan memberikan beberapa tips yang sudah saya terapkan selama ini.

Manfaat Disiplin Waktu

  • Tugas terselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Mau kan diariers sekalian, tugasnya selesai tepat waktu dengan baik tentunya?. Nah, untuk itu kita harus disiplin waktu, tahu mana yang akan diselesaikan sekarang dan mana yang harus diselesaikan nanti. Tahu mana kesenangan sementara dan kesenangan jangka panjang. Jadi mau mana, main IG terus atau ngerjain PR nih?

  • Tugas tidak menumpuk, hati pun senang. Pernah sih bung sekalian ngerasain kalau tugas sudah selesai itu ada adem-adem gitu?. Saya sering banget, apalagi tugas telah selesai sebelum H-1, bisa rehat-rehat hihi (jangan lama-lama tapi ye). Nah, juga dengan disiplin waktu ini, tentunya tugas kita tidak akan menumpuk diariers. Baca : Makna Menunda dan Alasan Mengapa Kita Sering Menunda Pekerjaan

  • Semakin dekat dengan impian kita. Ingat bocah poliglot tadi?. Sudah jelas kan, Bung?

Solusi agar Dapat Disiplin akan Waktu

  • Buat tujuanmu. “Ah, lalap mimin ini bicarain tujuan terus”. Ini super penting agar anda tetap konsisten bergulat bersama waktu, anda perlu motivasi yang besar, motivasi yang berasal dari diri anda sendiri. Ibarat sebuah mobil butuh bahan bakar yang banyak untuk mencapai jarak yang panjang. Begitu juga dengan anda dan impian anda.

  • Buat skala Prioritas. Sekarang coba Tanya pada diri diariers sekalian, mana saja sih hal-hal pokok yang wajib dilakukan (lihat profesi sekarangmu apa), mana juga yang hanya berupa kesenangan semata dan bersifat huru-hara. Untuk lebih memahami tentang skala prioritas, coba baca Skala Prioritas dan Cara Menyusunnya

  • Laksanakan setiap hari. Masih ingat kalau sebuah disiplin akan melahirkan kebiasaan?. Jika disiplin waktu, Persoalan akan waktu bukan masalah yang serius lagi. 

Saya tadi siang melihat salah satu postingan abang kita ini, coba kunjungi ye.. Discipline and Tipping Point

Nah, begitu dulu blog kali ini, Bung (Udh gak rindu lagi kan? Hehe,) “geer lu min”. xixixi

Untuk menutup blog ini, saya akhiri dengan sebuah quote yang cukup menarik yaitu "Seseorang yang selalu berduka adalah seseorang yang menghabiskan waktu" - Dante

Salam Diary!

Sampai jumpa kembali !







King747 Saya seorang pelajar tingkat menegah atas yang sedang menempuh tingkat akhir (12 SMA). Saya menyukai sastra dan sains.

0 Response to "Pentingnya Disiplin Waktu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel