About

Tips agar Tetap Fokus Selama Pembelajaran Jarak Jauh (Daring)

Halo Diariers, apa kabar, Bung?

Semoga gak positif Covid ya.

Oiya, selamat juga ya bagi Diariers yang telah berjuang dalam mengikuti PTS (UTS) di tengah kondisi seperti ini.

Back to the topic

Di tengah masa pandemi ini, pemerintah mewajibkan segala sesuatunya dari rumah. Salah satunya adalah diberlakukannya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Pembelajaran ini mewahibkan kita untuk belajar secara daring via website atau aplikasi online yang telah disediakan. Namun, banyak dari kita nih, udah 6 bulan aja berkutik dengan si Daring ini, masih aja tetap gak fokus-fokus dalam mengikutinya. Nah, kali ini saya mau membagikan sedikit tips mengenai bagaimana agar kita selaku siswa bangsa ini (cielah) bisa tetap fokus mengikuti Pembelajaran daring.

 https://pixabay.com/


Oiya perlu dicatet ya, pastinya tips-tips di bawah ini tidak seefisien dibandingkan bila kita belajar di ruang kelas seperti dulu. Apalagi pasti begitu banyak distraksi di lingkungan rumah-an. Contohnya saja, suara emak kita yang merepet abis (maap ya mak) bahkan berupa suruhan-suruhan yang di luar kendali kita, “belikkan dulu ini itu, bang, kak”

Lanjut, berikut beberapa tips-tips yang mungkin worth it bagi Diariers sekalian (karena bagi saya berguna sekali😀)

  • Mandi. Terdengar klise memang. Ngaku aja, pasti banyak di antara kalian nih, yang gak mandi sebelum daring kan?. Hayo ngaku aja. Saya menyarankan mandi dulu sebelum daring, Bung. Jika anda mandi, badanmu akan ter-refersh kembali (lebih seger), peredaran akan lebih lancer. Nah, konsekuensinya, kamu gak akan ngantuk dan tetap fokus dalam mengikuti PJJ.(Emang suka yang bau-bauan dah:v). Ada banyak manfaat manfaat mandi pagi juga.
  • Letakkan air minum di meja belajarmu (disarankan air putih). Air putih akan memperlancar proses respirasi dan metabolismemu ke otak. Kemudian, suplai oksigen akan tetap tersedia di otak kamu. Alhasil, kamu akan tetap fokus. Nah, bisa disimpulkan, jika ada suplai oksigen di otak, otak akan bekerja dengan baik, dan kita akan tetap fokus. Cara menyuplainya ialah dengan minum air putih (H2O). 
  • Kunyah apapun yang bisa dikunyah. Exactly, seluruh makanan yang bisa dikunyah haha. Ini gak wajib si, tapi aku pribadi kalo ngunyah permen karet bisa lebih fokus . 
  • Hias meja belajarmu. Buatlah semenarik yang kamu inginkan. Saat ini, kamu tidak belajar di ruang kelas seperti dulu, yang mewajibkanmu untuk stay tidak “mengotori meja sekolah”. So, ya kamu bebas berkreasi sekarang. Kamu bebas menempelkan foto idola, kata-kata motivasi, gambar PTN impian, atau apapun yang kamu suka.
  • Jangan belajar di atas kasur. Kalau belajar di atas kasur bawaannya tidur terus.
  • Jauhkan segala distraksi. Jika kamu terdistraksi dengan aplikasi Sosial Media, jauhkan. Caranya ada banyak. Dari mainstream hingga antimainstream. Contohnya, kamu dapat menaruh aplikasi tersebut di sudut-sudut layar HP yang tidak mudah dijangkau, mengunci setiap aplikasi yang menimbulkan distraksi dengan kata sandi, bahkan menghapus aplikasi tersebut. Itu terserah kepada kamu.
  • Mencatat. Mencatat merupakan active reaction yang bisa membantumu tetap fokus. Kamu dapat mencatat hal-hal penting yang diucapkan guru sembari kamu mendengarkannya atau yang tertera di textbook.

https://pixabay.com/

  • Berdoa. Yup, ini tidak hanya tips tetapi juga kewajiban. Mintalah pertolongan kepada Yang Kuasa untuk mempermudah pembelajaranmu. Yakinlah Tuhan akan senantiasa bersamamu.
https://pixabay.com/

Nah, begitu saja dulu tips yang dapat saya sampaikan, Bung. Semoga bisa diterapkan oleh bung sekalian. Untuk menutup blog kali ini, saya punya sebuah quote untuk Diariers semua, “Education is the  best way from invisible to visible"

Oke, sekian blog kali ini, jangan bosan-bosannya belajar yak!.

Sampai jumpa kembali!

Salam Diary!


King747 Saya seorang pelajar tingkat menegah atas yang sedang menempuh tingkat akhir (12 SMA). Saya menyukai sastra dan sains.

0 Response to "Tips agar Tetap Fokus Selama Pembelajaran Jarak Jauh (Daring)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel