About

Pentingnya Mengatur Energi dalam Beraktivitas yang Produktif

Pengaturan energi dalam beraktivitas (energy management)  sangatlah penting, apalagi bagi pelajar-pelajar tingkat akhir tiap fase sekolahnya, baik itu kelas VI, IX, dan XII. Energi adalah peluru kita untuk dapat menjalani aktivitas dengan baik.

https://pixabay.com/

Pernah gak ,sih, suatu hari teman-teman belum banyak melakukan hal yang dianggap produktif, eh malah merasa capek banget?. “ah , mantap, saya juga pernah nih, hehe”. Secara tidak sadar, hal tersebut terjadi karena energi teman-teman sudah banyak terkuras untuk hal-hal kecil yang bisa saja kurang bermanfaat.

Coba ,deh, bayangin dan ingat-ingat dulu, kamu buka WhatsApp berapa kali sehari?. Hayo, ngaku aja deh. 10, 20, atau 30 kali?. Nah, buka WhatsApp itu butuh energi. Mungkin, sekali, dua kali, belum terasa, tetapi setelah belasan kali terasa tuh, capeknya, Bung. Itu masih buka WhatsApp-nya saja, loh. Belum lagi, membaca pesan masuk, mikir mau balas apa, hingga mengetik balasan pesan tersebut, terasa banget,  dong, capeknya, Bung. Apalagi kalau sedang chatting dengan si doi, “enaknya, balas apa ya, kok cuman di-read mulu, lama banget si balasnya” kalau sudah begini, terasa banget, deh,  pressure-nya. 

Nah, itu masih aplikasi whatsApp saja, belum lagi aplikasi media sosial lainnya, seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan kawan-kawannya. semua itu memerlukan energi. Bukan hanya belajar, melainkan juga mikir balasan pesan si doi butuh energi, toh?. Nah, oleh sebab itu, kita perlu mengatur energi kita agar aktivitas kita berjalan dengan baik, Bung. Apalagi bagi pelajar-pelajar yang dilanda krisis identitas (cielah) dan yang sedang sibuk memperjuangkan impian, energy management ini sangat diperlukan. 

https://pixabay.com/


Di sini saya berikan beberapa tips yang mungkin dapat membantu bung sekalian.

  1. Kembali ke basic. Kita sebagai makhluk hidup tentunya perlu makan dan minum. Oleh sebab itu, aturlah pola makanmu dengan baik. Banyak minum dan istirahat yang cukup (sleep well). Dengan demikian, mesin-mesin metabolisme di dalam tubuhmu dapat berjalan dengan baik.
  2. Ketahui energimu dialokasikan untuk apa. Kamu sudah punya energi (kembali ke poin pertama). Pertanyaannya sekarang adalah untuk apa energi di dalam tubuhnmu?, apakah untuk belajar persiapan UTBK, apakah untuk bekerja membantu keluarga?, apa hanya untuk menunggu pesan doi?. Bijaksanalah dalam mengalokasikan energimu. Energimu adalah investasimu.
  3. Multitasking is bullshit. Multitasking adalah omong kosong untuk mempercepat pekerjaan. Buat bingung? (iya), buat otak capek dan gak singkron (iya), energi yang kepake makin dikit? (NO). Berikut penjelasan dari Kak Gita : 
  4. Ketahui bahwa energilah yang dapat di-manage  bukan waktu. Waktu itu konstan, Bung. Mau lo sakit, dapat hadiah give away, waktu di bumi, tempat kamu berpijak tetaplah 24 jam per harinya. Waktu tidak dapat kamu kontrol, tetapi dapat kamu pergunakan sebagai salah satu bentuk investasimu. Baca juga: Pentingnya Disiplin Waktu
  5. Protect information and know what to feed your mind. Di luar sana banyak bertaburan informasi, baik di media sosial maupun di email-mu. Sekarang keputusannya ada di tanganmu, apakah kamu mau menelan gosip, kabar hoaks for your mind? atau…

THE BUSY PANDEMIC. 

Situasi saat ini sangat sulit. Saat ini pikiran kita, mental kita, hingga energi kita dikuras habis-habisan untuk mikir. Hal ini membuat kita lost mood, concern, and  spirit. Kita pun semakin hari merasa semakin lelah. Oleh sebab itu, kita harus pandai dalam menggunakan energi dalam tubuh kita, control-lah energimu. Energimu padamu. Jangan lupa untuk saling berbagi, yang mau curhat silakan curhat. Curhat itu lebih baik. Tetaplah bersyukur :')

Bagi teman-teman seperjuangan yang telah menuntaskan satu semester ini, you did it!. Kamu jago, Bung. Ingat juga, Produktif boleh-boleh saja, tetapi jangan lupa untuk santuy squezy ala spizy, walking-walking freezy, apaan dah haha..

Oke dah, untuk mengakhiri blog kali ini, saya bagikan kepada kita semua salah satu quotes dari Kak Maudy Ayunda:

You have gone through harder things and THRIVED  -Maudy Ayunda



 


King747 Saya seorang pelajar tingkat menegah atas yang sedang menempuh tingkat akhir (12 SMA). Saya menyukai sastra dan sains.

0 Response to " Pentingnya Mengatur Energi dalam Beraktivitas yang Produktif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel